ADS

Infoikan -Mengenal Perlengkapan Mancing

1. KOTAK PANCING (TACKLE BOX)

Sangat mempunyai kegunaan untuk membawa semua peralatan anda untuk memancing. Berbagai macam pilihan model dan brand kotak pancing ini.


2. NIKELIN




Nikelin atau kawat yang tersedia di semua toko pancing, digunakan untuk mancing ikan bergigi tajam.




3. SWIVEL/KILI-KILI





Biasakanlah selalu menggunakan kili-kili di setiap sambungan kenur Utama dengan tali pandu (leader). Manfaat utama yaitu untuk mengurangi kenur melintir.







Timah / pemberat yang biasa digunakan yaitu nomor 1-3-5-8, dan gunakanlah bentuk memanjang / ibarat peluru, sebab bentuk timah yang lingkaran / oval, menjadikan melintirnya kenur.


6. KAIL (HOOK)





(tiap brand terkadang berlainan nomornya)

Ada beberapa merek yang sudah populer dan banyak digunakan yakni Owner, Gamakatsu, Mustad, Daiichi. Gantilah mata kail yang telah berkarat atau tumpul; atau carilah mata kail yang cukup tajam, tetapi relative murah sehingga anda sanggup menggunakannya kemudian dibuang (disposable / sekali pakai)


7. KENUR (LINES)





Yang umum dan layak digunakan yaitu ukuran 8-20 lbs. Untuk pemilihan brand kenur ini, terserah anda dan sesuaikan kondisi keuangan anda. Saya sendiri akan menggunakan kelas kenur 8-10 lbs untuk mancing dasar (kakap merah, kuwe, kerapu) maupun mancing koncer (tenggiri / alu-alu).

Dan saya lebih bahagia menggunakan yang murah, yang kapasitas 1000-2000m tiap rolnya, sehingga sanggup leluasa mnegganti kenur setiap 2-3 kali mancing.


8. PENGGULUNG (REEL)





Dalam hal ini anda cukup memerlukan sebuah penggulung Spinning Type penggulung yang baik yaitu : ringan, mempunyai minimal 3 alas roda (ball bearing), semakin banyak semakin baik, kapasitas kenur 200-400m. Untuk peralatan yang satu ini, berlaku pepatah : Money never lies, jadi anda jangan membeli penggulung yang tanggung-tanggung, terlebih lagi bukan dari brand ternama ibarat : Shimmano dan Daiwa. Lebih baik uangnya ditabung dulu hingga cukup untuk membelinya, daripada kecewa dan menyesal.


9. JORAN (ROD)



Joran sebaiknya tanpa sambungan (one piece), atau maksimal sambung dua (two pieces).

Bahan yang banyak digunakan yaitu fibre glass,Carbon, Grafit, Boron atau Kevlar. Panjang joran yang ideal antara 120 cm hingga 180 cm. Ukuran yang umum digunakan berkisar 5 6 6 (5 feet 6 inch s/d 6 feet) sekitar 168 180 cm, biasanya ukuran ini ada pada tubuh joran. Merk yang umum digunakan yaitu : Shimano, Daiwa, Fenwyck, Berkley dsb.

Biasakanlah menentukan joran yang ringan dan sedikit kaku (fast taper) untuk reaksi cepat dan akurat.

Dan untuk pemilihan joran ini, terserah anda dan sesuai dengan buget anda. Saya sarankan untuk menentukan yang tidak terlalu mahal, dan yang niscaya jangan yang teleskopik untuk hasil yang maksimal.


10. PELAMPUNG





Biasanya terbuat dari kayu, busa, gabus, fiber glass atau plastik, selama sesuai dengan penggunaannya sebagai pelampung yang ringan dan sanggup mengambang di atas permukaan air.



Terdiri dari bermacam-macam variasi, mulai dari umpan buatan misal berupa ramuan hingga umpan alam hidup ataupun mati misalkan cacing,ikan kecil, udang atau cumi-cumi


Sangat mempunyai kegunaan untuk membawa semua peralatan anda untuk memancing INFOIKAN -MENGENAL PERLENGKAPAN MANCING





Sangat mempunyai kegunaan untuk membawa semua peralatan anda untuk memancing INFOIKAN -MENGENAL PERLENGKAPAN MANCING

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Infoikan -Mengenal Perlengkapan Mancing"

Post a Comment

ADS