ADS

Infoikan -Panduan Memelihara Ikan Discus Untuk Pemula

Iklan

Iklan
Panduan Memelihara Ikan Discus. Ini cukup menyedihkan apabila melihat bahwa banyak penggemar ikan discus tidak mengetahui panduan memelihara ikan discus. Mereka menyampaikan bahwa ikan discus ini bukan untuk mereka. kita tidak sanggup melaksanakan penggantian air dalam jumlah yang besar, tidak menjaga mereka dalam tangki bawah yang polos, bagaimana cara melaksanakan pengobatan terhadap ikan discus ini, bagaimana mengidentifikasi penyakit mereka dll. Tapi percayalah, kalau Anda lakukan setiap hari 20-30 menit untuk mereka, Anda sanggup dengan gampang menyimpan dan berhasil mempertahankan ikan discus milik anda. Banyak yang menyampaikan bahwa itu tampak besar ketika discus mengambil masakan dari tuannya !!! Tapi ini juga sanggup terjadi untuk Anda. Di sini saya menulis beberapa tips mengenai pemeliharaan discus untuk pemula.


Panduan Memelihara Ikan Discus Untuk Pemula INFOIKAN -Panduan Memelihara Ikan Discus Untuk Pemula



Panduan Memelihara Ikan Discus Untuk Pemula


Dimensi Aquarium untuk Ikan Discus:


Dimensi aquarium memainkan tugas penting untuk menjaga ikan discus anda. Jika Anda menentukan dimensi yang sempurna maka setengah dari pekerjaan Anda sudah dilakukan. Kita tahu bahwa ikan discus yaitu ikan bulat atau berbentuk cakram. Kaprikornus karena bentuk tubuh ini ikan ini bergerak lebih vertikal daripada bergerak secara horizontal. Banyak dari mereka yang bergerak tumbuh lebih cepat. Umumnya ikan discus yaitu ikan yang pergerakannya berada pada tingkat menengah. Kaprikornus pada awalnya tujuan kita di sini akan menunjukkan mereka sebuah tangki aquarium yang mempunyai kedalaman tinggi. Anda sanggup menentukan tangki dengan tinggi 18 inci hingga 24 inci.




Pada umumnya terlihat bahwa ikan discus suka hidup dalam kelompok. Kaprikornus saya sanggup katakan bahwa silahkan anda membeli setidaknya 4-6 ikan discus untuk pertama kalinya. Hingga mereka pada kesannya sanggup membentuk sebuah kelompok. Sekarang pertanyaannya adalah. Seberapa panjang suatu tangki aquarium yang ideal untuk memelihara ikan discus? Saya menyampaikan bahwa setidaknya 3 kaki. Sebuah tangki aquarium dengan panjang 3 kaki sangat ideal bagi 6 ekor ikan discus (saya menganggap bahwa Anda tetap memlihara 4-6 ikan discus untuk pertama kalinya), mereka sanggup bergerak bebas dalam arah horizontal dalam tangki aquarium ini dan dengan ketinggian 18-24 inci kita juga akan menunjukkan ruang yang cukup untuk ikan discus semoga sanggup bergerak secara vertikal. Kaprikornus menentukan jenis tangki aquarium yang sempurna maka kita sanggup menyediakan banyak ruang untuk tumbuh bagi ikan discus.




Panduan Memelihara Ikan Discus Untuk Pemula INFOIKAN -Panduan Memelihara Ikan Discus Untuk Pemula



Jenis Aquarium Untuk Ikan Discus


Ada beberapa jenis tangki aquarium ikan discus yang sanggup kita pilih :


1. Tangki aquarium dengan bawah polos


Ini yaitu ketika Anda mengatur aquarium Anda tanpa pasir atau karang di sepanjang pecahan bawah. Seperti namanya, Anda meninggalkan pecahan bawah polos. Dalam bentuk yang paling sederhana, ikan-satunya akuarium sederhana (seperti yang ada di toko ikan lokal Anda) memenuhi syarat sebagai tangki aquarium dengan bawah polos. Tetapi bahkan aquarists canggih sanggup menentukan untuk memakai tangki aquarium dengan bawah polos ketimbang dengan tanki aquarium karang mereka.


2. Tangki aquarium berpasir (tangki dengan pasir sebagai substrat)


Pasir yang dipakai untuk tangki aquarium jenis ini merupakan jenis pasir silica dengan ukuran 4-5 mm. di pecahan tengahnya sanggup diberikan carbon active, dimana carbon active ini berkhasiat untuk menyerap kandungan berbahaya pada air yang biasanya akan muncul pada awal-awal setup aquascape aquarium kesayangan anda.


Buatlah sekeliling aquarium anda tertutup dengan pasir. Kenapa ditutup dengan pasir? Hal ini semoga tidak terlihat menyerupai masakan ringan manis lapis ketika anda memasukkan pupuk dasar di atas pasir karena akan mengurangi estetika dekorasi aquascape aquarium berpasir anda.


3. Tangki aquarium berkerikil (Tank dengan kerikil sebagai substrat)


Mempersiapkan isi aquarium dengan kerikil kerikil yang berwarna-warni. Dipilih kerikil yang bulat atau lonjong kira2 segenggam banyaknya. Kerikil ini dicelupkan ke dalam cat berwarna. Kerikil yang sudah diberi cat warna ini kemudian dikeringkan. Bagaimana mendapat kerikil? Di toko-toko tumbuhan hias dan akuarium banyak tersedia kerikil yang sudah diolah dengan sentuhan warna-warni.


4. Tangki aquarium dengan tanaman


Membangun sebuah tangki aquarium tumbuhan bukanlah pekerjaan yang sulit. Tahap yang paling susah justru terdapat pada process pemeliharaan nya. Mengingat Suhu yang diharapkan discus yaitu 27-31 C maka pilihan tumbuhan sangatlah terbatas.


Beberapa tumbuhan itu diantaranya adalah:


  • Anubias

  • Bucephalandra

  • Crinum

  • Cryptocoryne

  • Echinodorus

  • Rotala

  • Hygrophila

  • Microsorum

  • Moss

  • Lili Air (Nymphaea Lotus)

  • Vallisneria

  • Staurogyne Repens

  • Riccia Fluitans

  • Monosolenium Tenerum

  • Egeria Densa & Egeria Najas



Panduan Memelihara Ikan Discus Untuk Pemula INFOIKAN -Panduan Memelihara Ikan Discus Untuk Pemula


Panduan Memelihara Ikan Discus Untuk Pemula INFOIKAN -Panduan Memelihara Ikan Discus Untuk Pemula




Ciri-Ciri Ikan Discus Yang Bagus


Adapun gejala ikan discus yang anggun (berdasar pada info karyawan senior toko ikan hias serta rekomendasi lain) yaitu :



  1. Warna kulit cerah, tak berselaput/keluarkan lendir yang terlalu berlebih.

  2. Sisik ikan bersih/tak mengelupas, tak berbintik putih, serta sirip bersih, komplit serta seimbang.

  3. Warna mata bening, tak berselaput atau tak ada bercak putih, serta tak terlampau menonjol ke luar.

  4. Bentuk tubuh ideal, tak kurus/tidak tebal, serta menampakan ketebalan pada dahi.

  5. Insang pecahan kiri dan kanan buka serta tutup berbarengan serta teratur.

  6. Style berenang yang tenang.

  7. Pattern pada tubuh/sirip umumnya bakal muncul sedikit demi sedikit mulai ukuran ikan 2 inc. // hati-hati apabila ikan mempunyai ukuran 2 inc namun pattern-nya telah terperinci serta relatif penuh, ada kemungkinan ikan di beri pakan yang mempunyai kandungan hormon spesifik (konsumen umumnya kecewa sehabis dipelihara, pattern-nya memudar).

  8. Upayakan beli ikan discus yang mempunyai ukuran minimum 2 inc, karena gejala ikan yang sehat serta anggun telah relatif gampang untuk diidentifikasi, serta relatif lebih tahan terhadap serangan penyakit/parasit.




Ciri-Ciri Ikan Discus Yang Stress dan Tidak Bagus


Tanda-tanda ikan discus yang stress/sakit/terkena penyakit/dengan cara genetis kurang anggun yaitu :


  1. Kulit condong hitam, atau garis vertikal/stress kafe (jumlahnya 6 18 bar) yang mencolok/terlampau terlihat mengisyaratkan ikan discus stress

  2. Ada bintik putih pada sisik, atau sirip tak komplit/cacat yang mungkin saja diserang fin root.

  3. Warna mata tak bening, berselaput atau ada bercak putih yang mengisyaratkan ikan discus terkena penyakit. Atau mata terlampau menonjol ke luar yang karena karena kwalitas air yang buruk hingga ikan discus terserang intestinal basil yang sanggup mengakibatkan pop eye (mata terlampau menonjol ke luar). Atau ukuran mata yang terlampau besar dibanding dengan postur keseluruhannya yang mengisyaratkan perkembangan ikan discus terhalang. Atau mata ikan discus yang (condong) hitam mengisyaratkan ada penyakit serta terlampau usang tercemar obat-obatan (disebabkan treatment yangdiscus1 terlampau lama).

  4. Bentuk tubuh kurus/tidak tebal, yang mungkin saja dikarenakan oleh kekurangan pakan (discus mogok makan/kalah berkompetisi/pakan tak berkwalitas) atau aspek genetika indukan yang kurang bagus.

  5. Ikan bernafas dengan satu insang yang mengisyaratkan ikan diserang kutu insang. Atau ikan bernafas terlampau cepat yang mengisyaratkan kekurangan oksigen.

  6. Ikan lakukan beberapa gerakan absurd atau menggesekan badannya ke benda di sekelilingnya yang mengisyaratkan diserang parasit/kutu/jamur/bakteri baik pada tubuh/sirip atau insang.

  7. Pattern pada tubuh/sirip yg tidak keluar, atau sirna/tak cerah walau bersama-sama ikan telah mempunyai ukuran kian lebih 2, 5 inc yang mengisyaratkan kwalitas ikan discus dengan cara genetis kurang bagus. Warna yang sirna/tak cerah sanggup pula karena karena dukungan pakan yg tidak pas. Ada kemungkinan lain yang menjadikan pattern dan warna ikan discus yang kita beli nyatanya memudar/tak cerah sehabis dipelihara walau bersama-sama pakannya telah pas, hal itu mungkin saja karena oleh penjualnya ikan discus itu di beri pakan yang mempunyai kandungan hormon pencerah warna semoga tampak anggun serta menarik pembelinya, walau bersama-sama kwalitas ikan discus itu dengan cara genetis kurang bagus.

  8. Type ikan discus yang berwarna solid (contoh : marlboro, blue diamond, pigeon) yangmemiliki spot hitam di pecahan kepala serta sirip mengisyaratkan dengan cara genetis kwalitas indukan yg kurang anggun yang memanglah telah mempunyai spot hitam pada awal mulanya. Namun spot hitam itu mungkin saja juga karena karena pemakaian lampu dengan intensitas spektrum warna merah yang terlalu berlebih (contoh : pemakaian lampu UV).


Demikian gosip mengenai Memelihara Ikan Discus Untuk Pemula. Semoga dengan kita membaca artikel Memelihara Ikan Discus Untuk Pemula, sanggup menambah wawasan kita dalam dunia minuman kopi. Blog Ikan Hias Air Tawar tidak bertanggung jawab atas segala akhir yang mungkin timbul dari penggunaan gosip ini.



Sumber Referensi dan Photo Credit :

myaquariumclubcom

tedirustendi32wordpresscom








Tentang Blog Ikan Hias Air Tawar:


Hi Sahabat Ikan Hias Air Tawar. Blog ikan hias air tawar ini menunjukkan gosip dan tips seputar ikan hias air tawar dan ikan hias air bahari yang diperuntukkan bagi anda yang hobby terhadap ikan hias air tawar, ikan hias air laut, serta dunia aquarium. Ada tips dan panduan step by step mengenai cara merawat ikan hias pada aquarium air tawar dan aquarium air laut. Kami akan terus berusaha mengetengahkan gosip terupdate seputar ikan hias air tawar dan ikan hias air bahari yang kami dapatkan dari banyak sekali sumber ataupun menurut pengalaman, dan akan disajikan di blog ikan hias air tawar ini dengan bahasa yang lugas dan mudah, supaya anda sanggup langsug mengerti dan mendapat acuan ikan hias air tawar dan ikan hias air laut.




Let's Get Connected: Twitter | Facebook | Google Plus




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Infoikan -Panduan Memelihara Ikan Discus Untuk Pemula"

Post a Comment

ADS