ADS

Infoikan -Tips Menentukan Joran Kosongan Atau Blank Rod

Tips Memilih Joran Kosongan Atau Blank Rod - Salam jumpa kembali teman angler mania sekalian, supaya kalian tetap semangat dalam melaksanakan kegiatan mencing baik itu yang di kolam / empang, danau sungai maupun lautan. Untuk yang suka beraktivitas memancing di maritim haruslah lebih hati hati dan waspada lantaran kini lagi trend angin utara, di mana trend utara ini sangat banyak kegiatan maritim yang di hentikan lantaran kekuatan angin dan ombak yang besar sanggup membahayakan diri.


Seperti yang teman pemancing ketahui artikel sebelumnya, kami telah membahas wacana Tips Melepaskan Mata Kail Yang Nyantol Di Badan, supaya saja sudah teman baca, jikalau belum sebaiknya di baja sob lantaran info tersebut sangat penting dan wajib di ketahui oleh para pemancing demi untuk keselamatan dan proteksi pertama pada kecelakaan memancing ( bila hal tersebut terjadi ). Ok selanjutnya kita akan membahas wacana Tips Memilih Joran Kosongan Atau Blank Rod sesuai judul artikel ini.
Tips Memilih Joran Kosongan Atau Blank Rod INFOIKAN -Tips Memilih Joran Kosongan Atau Blank Rod


Blank Rod atau biasa di sebut juga sebagai Batang Kosongan/ Joran Kosonganadalah sebuah istilah yang di gunakan oleh para pembuat pancingan / produsen pancing untuk membuat sebuah stick pancing / joran. Joran kosongan yaitu materi pokok untuk pembuatan joran yang siap pakai. Untuk itu bagi teman pemancing yang ingin mencoba membuat joran sendiri ada baiknya perhatikan tips di bawah ini yang sanggup di jadikan patokan kira kiar joran jenis apa yang akan teman buat.

Tipe Joran Kosongan atau Blank Rod di bagi menjadi 3 katagori yaitu:
Fast Tapper ( Cepat ), Moderate Tapper ( sedang ) dan Soft Tapper ( Lembut )
Istilah dari tapper ini dalam bahasa umumnya untuk penyebutan kecepatan agresi dari joran tersebut sewaktu merespon sentakan kita ketika strike.
  • Tipe dari joran fast tapper cenderung kaku dan letak lengkungan beban pada ujung joran.

  • Tipe dari moderate tapper tingkat dari kekakuan jorannya sedang dan letak lengkungan beban di tengah joran.

  • Tipe dari soft tapper yaitu joran yang elastis yang mana letak lengkungannya merata hingga pangkal joran.


Baca Juga :Tips Dan Trik Memilih Joran Atau Rod Untuk Casting
Tips Memilih Joran Kosongan Atau Blank Rod INFOIKAN -Tips Memilih Joran Kosongan Atau Blank Rod

Tips Memilih Blank Rod / Joran Kosongan


Pahami telebih dahulu kira kira dimana dan jenis joran apa yang teman inginkan jadi pada dasarnya sesuaikan dengan kebutuhan dan selera, apakah ingin memancing di maritim atau kolam ataupun hanya mancing pinggiran. Sedikit saran dan masukan, bila ingin memncing di maritim sebaiknya pilihlah jenis joran yang terbuat dari materi carbon, selain cukup besar lengan berkuasa ianya juga ringan. Dengan joran yang ringan sanggup mengurangi dampak lelah ketika bertarung dengan ikan ikan besar. Sedangkan untuk di empang atau kolam joran dari materi fiber sudah cukup memadai lantaran pertarungan dengan ikan di empang tidak terlalu membutuhkan tenaga ekstra ( umumnya )


Beberapa Jenis Bahan Membuat Joran
Berikut ini akan di jabarkan jenis materi untuk pembuatan joran yang umum di pergunakan, yaitu:
  • Bahan dari Carbon Composite

  • Bahan dari Graphite

  • Bahan dari Fiberglass

  • Bahan alami


1. Bahan Carbon Composite
Bahan Carbon yaitu jenis materi yang bertecnologi tinggi dan umumnya dipakai untuk memancing jenis ikan besar atau kelas berat, selain besar lengan berkuasa joran jenis ini juga lebih akurat dalam lontaran umpan. Joran ini sangat ringan, elastis dan juga kuat. Bahan carbon composite yaitu materi yang tepat ( berdasarkan pendapat para pemancing ketika ini ). Bahan Composite tingkat ke ringanan dan juga sensitivitasnya sama dengan graphite serta daya tahan laksana fiberglass. Itulah sebabnya materi ini menjadi idola gres kini ini sesudah abad joran berbahan graphite.


Kelebihan Dari Joran Berbahan CarbonComposite:
- Jauh Lebih kuat
Jauh Lebih ringan
Jauh Lebih halus
Jauh Lebih mengkilat
Jauh Lebih kaku (relatif lantaran tergantung dari kualitas materi serat carbon yang dipergunakan)

Kekurangan Dari Joran Berbahan CarbonComposite:
- Tipis
Praktis patah (relatif lantaran bergantung dari kualitas materi yang di pergunakan)
Harganya lebih mahal

2. Bahan Graphite

Graphite menjadi materi untuk membuat joran lantaran sifatnya yang ringan serta kuat. Selain dari pada itu materi graphite juga mempunyai tingkat sensitifitas yang baik terhadap sentuhan ikan ketika umpan di makan. Sensitifitas pada joran sangatlah penting apalagi ketika memakai umpan yang cukup ringan. Umumnya joran yang berbahan graphite yaitu joran premium alias berkelas dan mahal. Graphite jauh lebih ringan dan baik dari pada fiber.


3. Bahan Fiber
Bahan joran dari fiber yaitu termasuk generasi pertama di ciptakannya joran pabrikan sebelum graphite atau carbon composite populer. Seiring waktu serta banyak keluhan yang tiba dari pemancing lantaran tingkat sensitivitas yang kurang fiberglass tidak lagi jadi primadona para pemancing. Bahkan ada beberapa pabrik joran yang cukup ternama tidak lagi memakai materi fiberglass untuk membuat joran. Walaupun demikian materi fiberglass masih ada di gunakan untuk pembuatan joran jenis fly fishing dan joran hemat dengan harga murah.


Kelebihan dari joran berbahan Fiber:
- Alot tidak gampang patah
Umumnya tebal
Harga relatif murah

Kekurangan dari joran berbahan Fiber :
- Umumnya lebih lentur
Kurang kaku
dan lebih berat

4. Bahan alami

Salah satu materi alami yang di gunakan untuk di buat menjadi joran yaitu bambu, Yogyakarta yaitu salah satu tempat yang banyak penggunaan joran bambu yang biasanya di gunakan untuk mancing di empang ataupun sungai.


Tips Memilih Joran Kosongan Atau Blank Rod INFOIKAN -Tips Memilih Joran Kosongan Atau Blank Rod


Demikianlah info singkat dari kami Kepri Fishing Club tentangTips Memilih Joran Kosongan Atau Blank Rod, supaya mempunyai kegunaan dan bermanfaat sebagai penambah pengetahuan teman pemancing sekalian dalam menentukan jenis joran dan bahannya. Baca juga artikel terkait wacana joran dengan judulTips Dan Trik Mengganti Cincin Joran, hingga jumpa lagi salam mancing mania salam strike joran melengkung cui.


loading...


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Infoikan -Tips Menentukan Joran Kosongan Atau Blank Rod"

Post a Comment

ADS