ADS

Infoikan -Tips Memancing Udang


Mancing Udang.
paling asik. nih ada tipsnya.

Alat

  1. Joran atau rod dengan ujung yang elastis dan sensitif serta ring atau cincin yang kecil.

  2. Reel spining kecil ukuran kolam, sanggup juga memakai penggulung kayu.

  3. Line berupa monofilamen tipis, ukuran 1-2lbs pada mainline dengan leader 2-8 lbs.

  4. Kail yang dipakai yakni kail khusus udang atau circle hook tanpa kait (barbless) dengan nomor 9-12.

  5. Timah pemberat kecil dengan stoper. Timah jangan terlalu berat, yang penting tidak terbawa arus.


Umpan Umpan yang dipakai untuk mancing udang galah biasanya cacing tanah, cacing susu, cacing bakau, bahkan anak udang. Sementara untuk chumming dipakai kelapa bakar yang dipecah-pecah.

Spot Udang Galah

Memancing udang galah sebaiknya tidak pada dikala air pasang dan cuaca dengan curah hujan cukup tinggi. Waktu terbaik mancing udang galah ialah pada dikala kemarau dan air surut. Biasanya udang sangat bernafsu pada malam hari. Tempat favorit bagi udang biasanya diantara kayu log/glondongan yang terendam di sungai. Biasanya ini terdapat pada sungai-sungai di Kalimantan, Sumatera, Sulawesi, Irian dll. Selain itu Udang galah juga sering bermain pada dasar sungai. Beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk memilih spot udang galah didasar sungai yakni menyerupai berikut

  1. Kenali struktur dasar sungai tempat dimana kita memancing. Selalunya dasar sungai berbentuk lika liku dan beralun-alun.

  2. Pada tikungan sungai lazimnya anutan air agak perlahan atau alirannya tidak terlalu deras.

  3. Pada arus deras menunjukan daerah tersebut lebih dalam, manakala anutan perlahan pula yakni sebaliknya


Pola Makan Udang
Berikut ini yakni ciri khas atau kebiasaan makan udang galah:

  1. Apabila udang galah beratnya lebih 300 gr maka umpan akan eksklusif dilarikan dan ujung joran akan eksklusif menukik.

  2. Untuk udang ukuran sedang biasanya sewaktu umpan dimakan, leader akan dipegang dan ditarik-tarik memakai capitnya sehingga ujung joran akan terangguk menyerupai ikan kecil yang makan.

  3. Untuk udang yang berukuran kecil biasanya contoh makannya hampir sama dengan yang berukuran sedang, oleh sebab itu sering seringlah mengecek dengan menaikkan ujung joran dan apabila berat atau ada tarikkan maka umpan sedang dimakan.

Memancing udang galah harus sabar, lembut dan penuh perasaan. Pada dikala umpan dimakan oleh udang, joran akan melengkung, yang perlu kita lakukan tahan saja jangan digentak sebab akan menciptakan lisan udang robek. Angkat joran pelan-pelan sambil menggulung reel pelan-pelan dengan posisi ujung joran diatas udang sehingga line tegak lurus dengan permukaan air. Udang bisanya kalau terkena pancing akan mundur kebelakang dan membengkokan tubuhnya, kalau digentak atau ditarik terlalu kencang akan menciptakan mulutnya sobek terkena kail.


Pada dikala udang berhasil dinaikan keatas jangan pernah menyentuh atau memencet ekor udang sebab terdapat semacam sungut yang cukup tajam serta kepala udang terdapat tanduk yang bergerigi yang cukup maknyos kalo nancep di jari. Sementara capitnya tidak terlalu berbahaya asal tidak terkena ujung capitnya saja.


Sumber : Berita Mancing

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Infoikan -Tips Memancing Udang"

Post a Comment

ADS