ADS

Infoikan -Tips Cara Menentukan Ikan Discus Yang Baik

Iklan

Iklan Tips Cara Memilih Ikan Discus Yang Baik - Ikan Hias | Discusjuga sebagai rajanya ikan hias air tawar menarikbanyak akuaris ataupun pemula untuk memeliharanya. Selain bentuk, warna, serta coraknya yang menarik, harga nya yang mahalpun jadi salah satu daya tarik untuk memeliharanya. Tetapi pelihara terlebih untuk pilih calon bibit yang baik tak semudah membalikkan telapak tangan.

Untuk memperolehikan hias air tawarkhususnyadiscusyang baik tentulah mesti memperoleh bibit yang baik. Oleh karenanyaseseorang hobies terlebih pemula mesti cermat dalam pilih ikan. Kesulitan paling besar yang dihadapi oleh pemula yakni kurangnya pengetahuan wacana kwalitas discus yang baik. Banyak typediscus, terlebihbeberapa nama yang berbeda untuk satu type discus turut bikin pemula ini makin bingung.





Tips Cara Memilih Ikan Discus Yang Baik



Beberapa Cara Yang Harus di Perhatikan Dalam Memilih Ikan Discus

1. Warna kulit yang cerah

tidak berselaput maupun keluarkan lendir yang terlalu berlebih. Warna kulit yang mengkilap/hitam mengisyaratkan keadaan discus yg tidak sehat. Garis hitam vertical/stress kafe yang sangatlah menyolok/tegas mengisyaratkan discus dalam keadaan stress yang berat. Jumlah garis ini berlainan berdasarkan varian ikan. Umumnya sejumlah pada 7-18 bar. Stress kafe ini tak memastikan sakit tidaknya seekordiscus, namun juga sebagai parameter keadaan discus disebabkan kaget, atau keadaan lingkungan ygtidak pas untukdiscus. Banyak type discus yang tunjukkan stress-bar nya dengan terang.

2. Sisik pada ikan discus yang higienis serta tak mengelupas

tak berbintik putih serta berlendir terlampau banyak. Sirip ikan discus sebaiknya tampak higienis serta komplit. Sirip yang sobek, rusak, berjamur mengisyaratkan ikan tak sehat. Umumnya pada sirip ikan kerap diserang fin rot. Sirip yg tidak cacat serta seimbang bakal bikin bentukikan discusbulat serta indah dilihat.

3. Warna mata yang bening

tak berselaput maupun berbintik putih. Bola mata yg tidak terlampau mencolok keluar menyerupai ban radial. Mata demikian dimaksud pop eye yang dikarenakan keadaan air yang buruk, serta ikan terjangkit intestinal bakteri. Ukuran mata yang terlampau besar padaikan discusyang mempunyai ukuran kecil mengisyaratkanikan itu terhalang pertumbuhannya atau umum dimaksud bantet/kontet. Diluar itu mata yang hitam sanggup disebabkan oleh penyakit internal serta terlampau usang terjangkit kerancuan obat-obatan dalam periode lama

4. Bentuk tubuh ikan discus yang ideal

tak kurus yang terlihat dari ketebalan dahi/jidatdiscus. Discus yg tidak cacat fisik, umumnya tampak daridepan/muka di mana segi kiri serta kanan tampak sama. Mulut maupun sisi tubuh yang lain tak ada yang lebih ke kiri/ke kanan.

5. Langkah bernafas yang mempunyai irama teratur

di mana ke-2 insang buka serta tutup berbarengan, tidak ada yang semakin besar membukaya maupun bernafas cuma dengan satu insang. Umumnya ikan yang bernafas dengan satu insang terjangkit Gill Fluke Dactylogyrus atau kutu insang. Tutup insang rata menutupi insang, tak pendek serta tak menganga terbuka. Juga mesti di perhatikan nafas yang snagat cepat, yang sanggup dikarenakan oleh kekurangan oksigen naum dalam periode panjang bakal menimbulkan kerusakan manfaat insang

6. Discus yang sehat biasanya tak takut pada insan yang melihatnya.

Discus yang baik serta sehat umumnya bakal selekasnya mendekat dengan cepat, menduga bakal di beri makan. Diluar itu discus yang sehat biasanya tak menyendiri, tertapi berbaur dengan rekan-temannya.

7. Biasanya discus yang sehat

style berenangnya tenang, tak tersendat-sendat. Discus yang sukai menggesekkan sisi badannya ke alat-alat atau benda sekitarnya, biasanya diserang parasit. Hal semacam ini mungkin saja karena rasa gatal yang diakibatkan disebabkan gigitan kutu maupun jamur/bakteri pada kulit ataupun insang. Discusyangsehat biasanya berenang dengan tenang, dasi/pectoral fin sirip depan bawah perut di turunkan hingga tampak gagah dikala berenang.

8. Janganlah simpel tertipu dengan warna

Warna merah membara pada mata serta warna yang menyolok, terlebih pada discus kecil & cukup umur (pada 2-3 inci), bukanlah jaminan untuk memperolehdiscusyang baik. Pada kini ini ada beberapakelompok yang menggunakan hormon untuk memaksakan keluarnya warna ikan, yang mempunyai tujuan untuk mempermudah penjualan serta tingkatkan daya tarik ikan. Warna ini akan tidak bertahan usang (lebih kurang 2 ahad 1 bln.). Penggunaan hormon sanggup mengakibatkan tidak berhasilnya pemijahan atau anakan yang dihasilkan sedikit serta umumnya tak sehat.

9. Batik atau pattern

Batik atau pattern ikan umumnya bakal muncul mulai 2 inci ke atas serta bertahap. Berhati-hatilah bila belidiscusyang telah keluar batik mulai semenjak ukuran kecil, karena kemungkinan ada derma hormonuntuk keluarkan batik ini supaya tampak indah. Yaitu lumrah batik yang keluar cuma 1/2 atau kurang pada ukuran 2 inci, tetapi adakala kwalitasdiscusyang rendah mengakibatkan batiknya takkeluar dengan cara prima hingga full satu tubuh.

10. Upayakan beli ikan sekurang-kurangnya ukuran 2 inci

lantaran pada ukuran inilah gejala ikan sehat serta baik sanggup dipandang dibanding ukuran yang lebih kecil. Jauhi untuk beli burayak meskipun harga nya murah, terlebih bila anda seseorang pemula. Janganlah tergiur dengan laba karena pelihara burayak tak gampang.

Demikian pengetahuan duniaikan hias air tawarTips Cara Memilih Ikan Discus Yang BaikUntukikan hias air tawar. Semoga dengan kitamembacaTips Cara Memilih Ikan Discus Yang BaikUntuk Ikan Hias Air Tawar, maka dapatmenambah wawasan kita dalam dunia ikan hias air tawar. Temukan ikan hias air tawar lainnya hanya di blogikan hias air tawar.. Janganlah lupa untuk membookmarkblog ikan hias air tawar ini apabila di rasa butuh buat anda jadikan referensi. Penulis tidak bertanggung jawab atas segala akhir yang mungkin timbul dari penggunaan info ini.







Tentang Blog Ikan Hias Air Tawar:


Hi Sahabat Ikan Hias Air Tawar. Blog ikan hias air tawar ini menunjukkan info dan tips seputar ikan hias air tawar dan ikan hias air maritim yang diperuntukkan bagi anda yang hobby terhadap ikan hias air tawar, ikan hias air laut, serta dunia aquarium. Ada tips dan panduan step by step mengenai cara merawat ikan hias pada aquarium air tawar dan aquarium air laut. Kami akan terus berusaha mengetengahkan info terupdate seputar ikan hias air tawar dan ikan hias air maritim yang kami dapatkan dari banyak sekali sumber ataupun berdasarkan pengalaman, dan akan disajikan di blog ikan hias air tawar ini dengan bahasa yang lugas dan mudah, supaya anda sanggup langsug mengerti dan mendapat rujukan ikan hias air tawar dan ikan hias air laut.




Let's Get Connected: Twitter | Facebook | Google Plus




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Infoikan -Tips Cara Menentukan Ikan Discus Yang Baik"

Post a Comment

ADS