ADS

Infoikan -Malawi Eyebiter (Dimidiochromis Compressiceps)

Malawi Eyebiter atau Ikan Jendral ini mempunyai bentuk tubuh yang cukup unik ialah penggalan kepala yang sangat panjang. Ikan yang berbadan langsing ini berasal dari Afrika ini termasuk ke dalam family cichlidae. Ikan ini termasuk ikan predator dan akan memangsa ikan-ikan kecil yang muat ke dalam mulutnya. Ukuran cukup umur ikan ini mencapai 20-25 cm


Ikan betina Ikan Jendral ini berukuran jauh lebih kecil daripada jantan. Tubuhnya tipis dan panjang dengan mulutnya yang besar dan rahang panjangnya mencapai sekitar sepertiga panjang tubuh. Ikan yang masuk keluarga Cichlid berukuran besar ini biasanya mempunyai tubuh berwarna keputihan-perak dengan garis horizontal berwarna coklat di sepanjang tubuhnya , dari lisan ke ekor. Ikan jantan yang sudah cukup umur atau mulai dari ukuran 15 cm, akan berwarna biru metalik dengan warna merah di siripnya.


Malawi Eyebiter atau Ikan Jendral ini mempunyai bentuk tubuh yang cukup unik ialah penggalan k INFOIKAN -Malawi Eyebiter (Dimidiochromis compressiceps)

Nama Malawi Eye Biter ini sebab ikan ini suka :"memakan" mata ikan lainnya. Biasanya beliau memakan mata ikan berukuran lebih kecil. Walaupun sikap ini tidak pernah dilaporkan di alam liar


Ikan dengan nama latin Dimidiochromis compressiceps ini menangkap mangsanya dengan berburu di perairan terbuka juga menyergap tiba-tiba. Di habitat aslinya, danau Malawi ikan ini akan menyergap mangsanya dengan cara berlindung di balik tanaman air Valisneria. Ikan Jendral mempunyai tubuh ramping dan kompak yang memungkinkannya bersembunyi di antara tanaman air. Ikan ini paling menyenangi ikan kecil. Mereka punya cara unik untuk menelan mangsanya. Ikan Jendral ini akan menelan mangsa dari ekor terlebih dahulu


Idealnya ikan ini ditempatkan di akuarium 100 galon untuk mengakomodasi ukuran besar dan sikap garang mereka. Selain itu, ikan lain yang berukuran lebih kecil dan kurang harus dihindari sebab kemungkinan akan dimakan. Spesies ini juga cenderung berperilaku garang terhadap spesies sejenis lainnya.


Di akuarium Dimidiochromis compressiseps atau Ikan Jendral biasanya lebih suka berenang di kawasan terbuka. Tidak menyerupai ikan cichlid jenis "Mbuna" yang lebih umum (penghuni batu). Mereka sanggup menjadi sangat garang dikala melaksanakan pemijahan, dan ulet mempertahankan wilayah mereka dari semua penyusup. Seekor jantan sanggup di satukan banyak betina, sebab ini akan mengalihkan agresinya dari betina tertentu.


Walaupun ikan ini termasuk ikan predator tapi mereka juga sanggup dibiasakan dengan pakan pelet. Untuk pemeliharaan dalam aquarium ikan ini sanggup diberi pakan pelet, udang, cacing sutera dan cacing darah.


Ada juga varian lain dari ikan jendral ini ialah ikan Jendral Albino

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Infoikan -Malawi Eyebiter (Dimidiochromis Compressiceps)"

Post a Comment

ADS