ADS

Infoikan -Joran Flyfishingstick Flyfishing Atau Fly Rod

Joran flyfishing / stick flyfishing atau flyfishing rod memiliki fungsi yang sedikit berbeda dengan joran mancing biasa. Joran ini lebih berfungsi untuk melempar benang flyfishing sempurna pada targetnya. Benangnya yang akan membawa umpan (flies). Pemilihan umpan, benang dan joran harus bersesuaian. Joran flyfishing juga berfungsi merubah posisi benang fly ketika benang sudah berada di air. Saat fight dengan ikan, joran fly juga bisa memiliki fungsi melindungi "tippet", ujung benang fly yang paling kecil. Dengan tingkat kelenturan joran tertentu, tippet yang kecil bisa menaklukkan ikan yang besar.

Joran fly yang lebih terkenal ketika ini biasanya memiliki sambung empat bab (4 pieces), meski ada yang sambung 2 atau bahkan sambung 7. Bagian paling pangkal biasa disebut butt, bab tengah disebut middle dan bab ujung disebut tip.





Panjang Joran
Panjang Joran bervariasi dari 6 ft (1,8 meter) - 15 ft (4,5 meter), pemilihan panjang joran diubahsuaikan dengan kondisi spot memancing dan atau besar kecil nya ikan target. Panjang joran yang biasa digunakan rekan-rekan pemancing dikampung aku berkisar 7,1 ft (2,1 m) hingga 9 ft (2,7 m). Relatif panjang bila dibanding dengan teknik mancing biasa.


Grip
Grip yaitu bab joran fly yang kontak dengan telapak tangan kita. Saat ini ada banyak sekali macam model grip. Tapi intinya ada tiga, cigar grip yang biasanya digunakan di joran untuk sasaran ikan kecil, full-wells grip untuk joran sasaran ikan besar, dan half-wells grip untuk diantaranya.

Action Joran
Joran fly bisa diklasifikasikan berdasar action nya. Action ini akan terlihat ketika joran terbebani yaitu ketika joran diayunkan untuk melempar benang fly. Karena desain benang fly memang diberi berat tertentu (wt). Fast action jikalau hanya pada bab tip-nya saja yang melengkung, slow action jikalau yang melengkung mendistribusikan tenaga ayunan hampir seluruh panjang joran, jikalau diantaranya disebut slow action. Dahulu action ini bisa selalu dikaitkan dengan materi pembuatan joran. Joran fiberglass yaitu yang paling slow, selanjutnya joran bambu dan yang paling fast yaitu joran dengan materi grafit / grafit composite. Namun seiring berkembang nya teknologi joran grafit bisa dibentuk slow, begitu juga dengan fiberglass & bambu, bisa dibentuk lebih fast.




Dari kiri ke kanan gambar diatas mengatakan action joran slow hingga fast. Ada produsen joran fly yang memakai flex index untuk menggolongkan action joran. Full flex untuk slow action, tip flex untuk fast action.

sumber : http://photonosh.blogspot.com/

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Infoikan -Joran Flyfishingstick Flyfishing Atau Fly Rod"

Post a Comment

ADS