ADS

Tanda Tanda Keberadaan Kakap Putih Ditambak / Empang

Tambak / empang yang akan saya bahas disini ialah tambak air payau, yang banyak terdapat di pesisir pantai dimana ada pertemuan antara air tawar dari sungai dengan air laut. tambak atau empang ini sengaja dibentuk oleh petambak untuk budidaya ikan bandeng dan rumput laut.

Pertanyaanya ialah :

- Bagaimana caranya kakap sanggup berada di tambak, apakah sengaja di tanam oleh petambak ?
Kakap sanggup masuk ke empang / tambak dengan cara masuk melalui air dari sungai dikala air dimasukan kedalam tambak lewat pintu air khusus atau lewat pompa diesel, kakap masuk dikala masih berupa benur kecil kecil. selain kakap, bibit bibit ikan lain juga ikut masuk menyerupai belanak, kiper, kerong, bahkan ikan buntal. ikan yang ikut masuk umumnya ialah ikan ikan predator sehingga akan dianggap sebagai hama oleh petani tambak. lantaran pertumbuhan yang cepat ikan hama ini cukup merepotkan bagi petani tambak.

-Mengapa kakap dianggap sebagai hama, bukankah harga ikan kakap mahal ?
Pada tambak bandeng khususnya, petani tambak selain memperoleh laba dari ikan bandeng sebagai hasil utama tambak, Udang juga menjadi perolehan yang tak kalah tidak mengecewakan bagi petani tambak, dan bahkan sanggup setiap hari petani tambak mendapat hasil dari panen udang di tambaknya. Saat mengisi air tambak benih udang juga ikut masuk dan berkembang biak di dalam tambak. Akan tetapi disaat bersamaan Ikan predator juga ikut masuk dan tumbuh pesat didalam tambak, menyerupai kita ketahui, kakap gemar sekali makan udang lantaran itu ialah hidangan utamanya selain ikan ikan kecil. dikala mendekati besar kakap menjadi rakus sekali dalam beburu mangsanya, bila ditambak tersebut banyak kakapnya maka udang yang dijadikan penghasilan harian petambak akan dimangsa oleh kakap, alhasil hasil dari petani akan udang menjadi sedikit. maka tak jarang ikan kakap dan predator lainnya di beri obat khusus supaya mati.



-Bagaimana cara mengetahui kalau tambak itu ada kakapnya?
Nah ini yang akan saya jadikan bahasan utama pada postingan kali ini. sehabis kita mengetahui kronologi kakap hingga sanggup masuk empang dan dibasmi oleh petambak, kita akan bahas mancing kakap di tambak.
kakap di tambak oleh sebegian besar pemilik tambak diperbolehkan untuk dipancing, toh nantinya jg akan dibasmi habis oleh petani tambak. tetapi perlu diingat tidak semua tambak ada ikan kakapnya, salah satu sebabnya lantaran empang sudah diberi obat untuk membasmi hama empang. Ada ciri ciri yang gampang kita kita lihat untuk mencari spot empang kakap.

1.Diempang banyak ikan lain selain Bandeng. menyerupai ikan kerong, kiper, belanak dan mujair, artinya empang tersebut belum diobat dan kemungkinan ada kakapnya. akan tetapi walau ada kakapnya terkadang kakap tidak mau menyambar umpan kita ( Umpan Hidup / udang hidup lebih disarankan ), hal ini  sanggup debabkan oleh banyak faktor. Seperti kita ketahui Kakap ialah predator sejati. beliau hanya akan memakan umpan hidup / terlihat hidup ( casting dengan lure ). bila kita memakai udang hidup sebagai umpan tidak jarang ikan predator lain menyerupai kerong, kiper, buntal ikut menyambar umpan. dan ikan ikan ini sangat gesit dan cepat menyambar umpan, sehingga tidak memberi kesempatan kakap untuk menyambar umpan. terutama dikala kita memancing memakai teknik pelampung. kita sanggup dibikin sebel oleh serangan ikan ikan ini.karena udang keburu mati dan habis dimakan ikan ini.

2. Banyak ikan kecil atau udang melompat keluar permukaan air. Ikan kakap berburu mangsa dengan mengejar dan menangkap mangsanya. Disaat ada gerombolan ikan kecil atau udang, Kakap yang sedang berburu akan mengejar gerombola ikan kecil sehingga ikan kecil / udang akan kocar kacir menyelamatkan diri dengan melompat keluar permukaan air.

3. Ada tenggakan di permukaan air karena kakap sedang menangkap mangsanya dari bawah keatas dan menjadikan bunyi blup di permukaan air. Bunyi tenggakan kakap sanggup kita dengar secara jelas, lantaran bunyi tenggakan kakap berbeda dengan tenggakan ikan ikan lain di tambak. bunyi yang lebih besar menyerupai kerikil besar yang kita lemparkan ke air, kira kira menyerupai itu bunyinya. biasanya pada malam hari kakap melaksanakan serangan keatas sehingga menjadikan bunyi tenggakan

4. Warna Air, warna air tambak yang belum diobat dan sudah diobat untuk membasmi hama sanggup kita bedakan secara kasat mata. Air tambak yang belum diobat akan berwana coklat tetapi bukan keruh dan kehijauan lantaran alga. sedangakan air tambak yang sudah diobat akan berwana coklat bau tanah dan cenderung jernih

5. Pastikan Bandeng sebagai penghuni utama tambak ukuranya sudah besar lantaran kakap tumbuh berkembang hampir bersamaan dengan tumbuhnya bandeng. pada dikala tertentu ukuran kakap akan menjadi lebih besar dari bandeng itu sendiri. dan dikala inilah dikala yang pas buat mancing kakap lantaran ukuranya yang sudah sanggup dibilang besar, akan tetapi kita harus menunggu lebih usang untuk mendapat sambaran, lantaran kakap besar lebih sabar dan perhitungan dikala akan menyambar umpan, berbeda denga kakap yang masih kecil, kakap kecil akan bergerombol dikala berburu mangsa. sedangkan kakap yang sudah besar akan bersikap teritorial dan suka menyendiri dikala berburu.

6. Pastikan Bandeng belum di panen. lantaran pada dikala panen bandeng baik memakai jaring atau Obat khusus, tambak akan diobok obok oleh pemanen tambak, terkadang ada saja kakap yang lolos dari jaring, ini yang kita sebut sebagai kakap gagalan. akan tetapi butuh waktu ama kakap akan kembali memangs umpan, lantaran stres dpada dikala pemanenan bandeng

7. Hal yang paling gampang adalah mencari isu dengan menanyakan kepada pemilik / yang mengurus empang sekalian minta ijin memancing. biasanya pemilik empang yang baik hati akan memberi tahu empang mana yang ada kakapnya. lantaran mereka setiap hari ada di empang untuk memantau dan memberi makan bandenganya. Bisa juga kita mencari tahu dari pemancing yang lain, akan tetapi banyak dari pemancing merahasiakan spot mereka lantaran jujur mencari spot tambak bukanlah lah yang gampang dan butuh perjuangan.

lakukan test mancing terlebih dahulu bila kita sudah yakin ada kakap di empang tersebut dengan teknik ndudul menyerupai di video saya mancing kakap empang teknik ndudul . sehabis kita mendapat sambaran kita sanggup ganti teknik dengan memakai pelampung supaya lebih sanggup santai mancingnya mancing kakap memakai teknik pelampung .

Dan perlu diingat, untuk mendapat hasil yang maksimal dikala memancing faktor kesabaran dan keberuntungan memegang peranan penting suksesnya kita memancing. Cari waktu yang pas disaat jam makan ikan dan cuaca yang pas.

Selamat memancing kawan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tanda Tanda Keberadaan Kakap Putih Ditambak / Empang"

Post a Comment

ADS