ADS

Langkah Awal Menjadi Youtuber Mancing 2019

Hallo kawan..
menanggapi banyaknya pertanyaan dari mitra kawan di medsos maupun via WA perihal cara/ langkah awal hingga menghassilkan video dengan viewer youtube yang banyak dll.

Ok saya akan bahas di postingan kali ini...

pertama yaitu kita harus ketahui apa itu youtube, youtube yaitu sebuah sebuah platform website yang didirikan pada tahun 2005 dimana website ini memungkinkan kita untuk upload dan menyimpan video / konten kita dengan tujuan untuk koleksi eksklusif atau untuk kepentingan publik sebagai sarana hiburan, isu dan lain lain yang disajikan melalui video. Youtube juga sebagai mesin pencari layaknya google search, dimana kita bisa mencari info yang kita butuhkan dan youtube akan menyodorkan konten yang relevan dengan data yang yang kita entri di mesin pencarian.

Apa tujuan kita mengupload video ke youtube...
- menyimpan video eksklusif sebagai koleksi untuk nantinya bisa kita tonton kapan saja, konten ini biasanya kita set menjadi tidak publik alias eksklusif dimana hanya kita yang bisa melihat konten yang kita upload, ditandai dengan tanda gembok
- menyimpan video dengan tujuan ditonton oleh beberapa orang atau kelompok saja yang berkepentingan dengan video tersebut. konten ini biasanya akan diset menjadi hanya yang tahu link video saja yang bisa menonton ditandai dengan simbol ibarat rantai
- Menyimpan / mengupload video untuk mengembangkan informasi, hiburan dan lain lain dan bisa ditonton bebas oleh orang lain. Alasan ketiga ini biasanya akan memicu seseorang untuk menjadi vloger alasannya yaitu ternyata videonya ada yang menonton dan direspon banyak orang ( cara biar video kita ditonton banyak viewer akan saya bahas di postingan berikutnya )

kembali ke topik masalahnya yaitu menjadi langkah awal menjadi vloger mancing.

Sekedar mengembangkan pengalaman, video pertama kali yang saya buat dan saya upload yaitu perjalanan saya mengikuti nelayan melaut. dan saya  menciptakan video dengan durasi yang pendek. tujuan saya yaitu menyimpan video saya untuk nantinya bisa saya lihat lagi suatu saat. alasannya yaitu kalau saya simpan di handphone atau pc saya ada kemungkinan dikala hp / pc saya rusak video tersebut juga hilang. video yang saya buat pertama kali memang asal asalan alasannya yaitu jujur saya belum mengetahui cara merekam yang benar dan editing yang bagus. rekam upload selesai. VIDEO YANG PERTAMA KALI UPLOAD
selang beberapa hari ternyata video tersebut mendapat respon dari beberapa viewer dan bahkan ada yang subscribe ke channel yang saya buat... nah lo.

Karena hoby saya yaitu memancing, dan selama ini saya memancing paling saya foto hasil mancing saya share ke facebook selesai, kali ini saya mencoba untuk merekam video mancing saya di pinggir laut VIDEO MANCING PERTAMA . Dengan berbekal HP samsung j1ace saya mencoba merekam aktivitas mancing saya kala itu. Dengan editing sebisanya saya saya upload ke youtube dan ternyata gambarnya kok miring miring, tetapi di video ini juga mendapat viewer yang memang ga seberapa, tetapi itu menjadi pemicu saya untuk mencoba lebih baik lagi dalam menciptakan konten.

itu sekilas awal vloger memancing di youtube.
terus bagaimana saya bisa menjadi vloger, saya tidak memiliki kamera yang bagus, saya tidak bisa menciptakan video yang bagus, saya tidak menguasai skill editing yang mumpuni, saya hanya hoby mancing tetapi ingin mencicipi juga menjadi vloger. itu pertanyaan yang sering menjadi hambatan dikala ingin memulai menjadi vloger.

apa saja yang kita butuhkan dikala ingin mengawali menjadi seorang vloger mancing ?

1. niat. ya niat. alasannya yaitu tanpa niat lupakan menjadi vloger mancing, alasannya yaitu dengan niat akan menuntun kita untuk berusaha berkembang kearah yang lebih baik lagi
2. Alat rekam,/ kamera. Nah ini yang menjadi modal utama kita dikala menjadi vloger. wah kamera untuk merekam video kan mahal... salah kalau mitra berpikirnya ibarat itu. Handphone yang kita miliki bisa dipakai untuk merekam video bukan ? tidak harus handphone mahal, kini banyak handphone dengan harga dibawah 1 juta dengan speck kamera dan memory yang bagus. bisa kita gunakan untuk kebutuhan ngevlog kita. alasannya yaitu syarat HP yang kita butuhkan yaitu kamera hp yang bisa merekam dengan kualitas HD, ini akan mempengaruhi kualitas gambar video yang akan kita buat, Memory yang besar, ya memori eksternal yang kecil akan menciptakan kita tidak maksimal dikala merekam video yang berukuran besar.
3. Memiliki akun di youtube. kita harus memiliki akun biar kita bisa menciptakan channel. diperlukan email untuk bisa mendaftar akun youtube. sesudah akun kita aktif kita bisa menciptakan channel di akun kita ( satu akun bisa untuk menciptakan beberapa channel)
4. Quota Internet. ini mutlak dibutuhkan. alasannya yaitu youtub merupakan platform website dimana penggunanya diharuskan memiliki quota data internet untuk bisa mengaksesnya.
5. Asesories pendukung ibarat tongsis, tripod dll, ini bisa bisa menyusul.

OK kita berniat akan menjadi vloger mancing... ya kita harus bisa memancing atau setidaknya kita memiliki hoby mancing, alasannya yaitu apa ? dikala kita menciptakan konten dan ternyata konten tersebut tidak sesuai dengan apa yang kita sukai atau kata lain dipaksakan, saya jamin hasil konten tidak akan maksimal, dan walaupun maksimal biasanya dikala kita akan menciptakan konten selanjutnya akan terasa berat alasannya yaitu akan menjadi sebuah beban buat kita. referensi : kita hoby mancing akan tetapi kita menciptakan konten memasak dimana kita tidak memiliki skill memasak dan memaksakan menciptakan konten memasak, apa tidak kacau nantinya. jadi buatlah konten sesuai dengan kemampuan dan apa yang kita sukai.

PEREKAMAN/ SHOOTING

Ingatlah di sini kita berperan menjadi kameraman, aktor, host, sutradara, editor sekaligus dalam satu waktu...
Memancing yaitu aktivitas outdoor, dimana kita melaksanakan aktivitas diluar ruangan. keterbatasanya yaitu dikala ngevlog malam dimana kondisi gelap gulita, dan kalau hanya bermodal hp saja tidak akan bisa merekam gambar dengan jelas. jadi usahakan kita menciptakan konten disiang hari dimana kita bisa menciptakan konten dengan gambar yang jelas. referensi mancing malam yang saya lakukan dimana saya tidak bisa mengambil gambar alasannya yaitu gelap. padahal momen paling cantik yaitu dikala strike malam hari vlog mancing malam hingga siang hari . ada sedikit kecewa dikala itu alasannya yaitu strike ikan besar tidak bisa saya ambil gambarnya alasannya yaitu gelap.
Saat ngevlog di outdoor dalam hal ini memancing kita tidak harus butuh ajun untuk mengambil gambar, ibarat yang saya lakukan. saya melaksanakan perekaman gambar, memancing sendirian. hanya bermodalkan tongsis murahan yang saya tancapkan ke tanah sebagai tripod saya memulai ngevlog aktivitas mancing. ambil gambar dikala momen memen tertentu saja, hal ini untuk mensiasati kecilnya memory hp yang terbatas dan kekuatan baterai hp. gunakan mode pesawat dikala pengambilan gambar biar baterai tidak cepat habis dan tidak ada gangguan alasannya yaitu ada telpon / pesan masuk.
Posisi Handphone dikala merekam harus horisontal bukan vertikal biar view yang kita dapatkan lebih luas dan lebar.
Karena mic internal HP kecil maka berbicaralah dengan sedikit keras biar terdengar dikala kita melaksanakan perekaman. alasannya yaitu kita merekam di outdoor tidak menutup kemungkinan akan terjadi noise yang menggangu bunyi ibarat bunyi angin atau bunyi kendaraan, hal in bisa kita siasati dengan menciptakan sendiri mic eksternal dari handsfree yang kita baut dengan busa untuk basuh piring, bentuk sedemikian rupa, ini bisa mengurangi noise dikala kita melaksanakan perekaman
Letakan Kamera tidak jauh dari jangkauan kita, dimana obyek gambar dalam hal ini joran terlihat di kamera dengan view yang luas
Kita tidak akan tahu kapan kita akan mendapat moment strike. 10 menit, 30 menit atau 2 jam kemudian. hal ini terkadang menciptakan kita resah sendiri, sehingga lupa menghidupkan mode rekam alasannya yaitu buru buru menarik joran yang disambar ikan. gres kita sadar dikala simpulan melayani tarikan ikan, ternyata momen langka tersebut tidak terekam kamera. amsyong pemirsa....
triknya yaitu memulai ngevlog mancing dengan sasaran ikan yang cepat menyambar umpan dan dengan frekwensi sambaran yang sering. ibarat sasaran mujair, betok/papuyu/ikan gabus dll. dengan melaksanakan hal ini kita tidak banyak miss dikala mengambil gambar dan kita akan mulai terbiasa dengan alur perekamannya.

OK semua sudah bang... gambar yang kita sanggup sudah banyak tinggal editing, lakukan editing sesuai alur kisah yang kita inginkan, alasannya yaitu alur kisah penting biar orang betah menonton video kita. dalam menciptakan video memancing tidak harus dikala strike saja yang kita perlihatkan kepada penonton, sisipkan beberapa gambar video lain entah video singkat perjalanan menuju spot, video suasana disekitar kawasan kita memancing, atau sedikit ulasan perihal trip mancing dikala itu. sisipkan video video suplemen tersebut di 15 detik pertama, ini penting alasannya yaitu penonton akan merasa bosan di 15  detik pertama kalau video kita monoton dalam rentang waktu itu. tambahkan juga di menit menit berikutnya biar bisa menawarkan warna yang lebih pada video kita
sesuaiakan ukuran layar video kita. untuk youtube diisarankan memakai ukuran 16 : 9. alasannya yaitu dengan begitu video kita dikala upload nanti akan terlihat penuh di layar. dan lezat ditonton. ini bisa kita pilih disaat kita akan memulai edit video. biasanya di software software editing akan tertera pilihan rasio video tersebut.
dikala perpindahan adegan demi adegan beri imbas yang lembut biar terlihat alami dan lezat ditonton. bisa juga beri sedikit imbas tertentu tetapi jangan terlalu berlebihan.

kalau proses editing sudah selesai, tonton dan tonton lagi, cari bab penggalan yang kurang pas dan lakukan perbaikan lagi sebelum upload. dan kalau dirasa sudah pas dan cukup cantik simpan video dengan format minimal HD720.

sesudah upload selesai, pekerjaan kita belum simpulan hingga disitu ,beri judul video yang menarik, beri tumbnail yang menarik tetapi bukan klikbait, pasang tumbnail sesuai dengan isi konten kita, beri deskripsi yang sesuai dengan isi konten, beri hastag pada deskripsi, tulis juga tag pada kolom tag yang disediakan, ( biasanya di bawah kolom deskripsi ), beri tag yang menggambarkan konten kita dan kemungkinan tag tersebut yaitu kata kunci yang akan di ketik orang. jadi dikala orang mengetik sebuah kata kunci di kolom pencarian youtube akan menyodorkan video kita untuk menjadi rekomendasi tontonan.

demikian sedikit ulasan langkah awal menjadi vloger pancing, setidaknya itulah yang saya lakukan

setidaknya bisa memberi citra sederhana biar kita lebih semangat lagi dalam menciptakan konten.

salam strike.


jangan lupa kunjungi channel saya untuk sekedar melihat hasil vlog saya dengan alat sederhana di channel Mancing


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Langkah Awal Menjadi Youtuber Mancing 2019"

Post a Comment

ADS