ADS

Panduan Lengkap Cara Memancing Ikan Tawes

Bayangkan jikalau kau berangkat dari rumah dengan penuh semangat untuk mancing ikan tawes. Sudah hingga di sungai, menunggu hingga berjam-jam tapi tak sanggup hasil.

Bayangkan jikalau kau berangkat dari rumah dengan penuh semangat untuk mancing ikan tawes Panduan Lengkap Cara Memancing Ikan Tawes

Tentu menjengkelkan ya, mungkin ada yang salah dengan cara memancing ikan tawes yang kau lakukan. Lalu harus bagaimana? Apa umpan yang cocok untuk mancing tawes? Dan bagaimana ciri ciri sungai yang banyak ikan tawes atau bader ini?.

Oke, mari kita ulas selengkapnya di artikel kali ini. Ini yaitu panduan lengkap seputar teknik memancing ikan bader yang patut kau coba.

Mulai dari waktu yang sempurna hingga kail pancing untuk ikan tawes, semua dibahas lengkap di panduan ini.

Daftar Isi Artikel Ini


Cara Memancing Ikan Tawes di Sungai



Spot Mancing


Sebelum memulai memancing, ada baiknya kita kenali dulu dimana lokasi spot mancing ikan tawes. Habitat ikan tawes sendiri biasanya ada di sungai dan rawa.

Tapi bukan sembarang sungai ya, sebab ikan tawes tidak tahan hidup di sungai yang tercemar. Ikan ini biasanya banyak dijumpai di sungai yang jernih dan berarus.

Selain di sungai dan rawa, kalian juga sanggup memancing ikan tawes di waduk. Bahkan di beberapa waduk, ikan tawes menjadi ikan budidaya yang bernilai hemat tinggi.


Waktu


Kapan waktu yang sempurna untuk memancing ikan tawes dengan mudah?. Sebaliknya sih pada siang hari dan ketika air sungai sedang tidak terlalu deras atau banjir.

Akan lebih baik lagi pada ketika sekitar 3 hari sesudah banjir. Karena jikalau sedang banjir atau air tinggi maka ikan tawes cenderung stres dan tidak nafsu makna walaupun kau menyiapkan masakan ikan tawes terbaik.


Umpan


1. Lumut

Lumut merupakan salah satu umpan ikan putihan paling jitu termasuk untuk tawes. Namun perlu diperhatikan bahwa sebaiknya gunakan umpan lumut hanya pada ketika animo penghujan.

Karena jikalau di animo kemarau, dasar sungai biasanya sudah terdapat banyak lumut yang merupakan pakan ikan tawes alami. Tentunya ikan juga kurang tertarik jikalau di umpani dengan lumut juga.

Cara meracik umpan tawes menggunakan lumut ini juga mudah. Cukup basahi dengan air, campur sedikit vanili biar harum dan gunakan pada kail ukuran kecil.

Penting untuk diketahui biar umpan lumut dipakai ketika air sungai tidak terlalu deras. Atau kau sanggup menggunakan umpan ini sebagai umpan mancing ikan tawes di kolam.


2. Rumput

Pilihan umpan berikutnya untuk mencari ikan tawes yaitu rumput. Sangat simpel dan tentu saja murah.

Cukup gunakan saja rumput yang tumbuh di sekitar sungai daerah kau memancing. Biasanya yaitu rumput gajah, caranya pribadi lilitkan saja rumput tersebut pada kail pancing.

Cara ini sudah terbukti di kalangan pemancing ikan tawes.


3. Pelet

Pelet juga termasuk umpan yang disukai ikan tawes, dan juga ikan putihan lainnya. Untuk ikan tawes sendiri biasanya paling cocok menggunakan pelet tengiri.

Dan perlu diketahui umpan ini lebih cocok untuk memancing ikan tawes ukuran sedang - besar. Umpan pelet juga terbilang cocok dipakai memancing ketika animo kemarau.


4. Cacing

Cacing juga termasuk pakan yang disukai ikan tawes, terutama ikan ukuran besar. Umpan ini relatif cocok dipakai baik di animo kemarau maupun penghujan.

Kelebihannya juga tak perlu racikan khusus, dan sudah niscaya cacing termasuk umpan jitu untuk mancing tawes. Umpan ini cocok dipakai sebagai umpan mancing ikan tawes di waduk.

Selain beberapa umpan tersebut, alternatif lainnya kau sanggup menggunakan laron dan juga daun sawi sebagai umpan alami ikan tawes.

Pada dasarnya umpan mancing ikan tawes seolah-olah dengan racikan umpan mancing ikan bader.


Alat


Alat memancing ikan tawes yang kami maksud disini yaitu kail yang digunakan. Kalau bisa, perhatikan dulu ukuran ikan tawes yang ada di lokasi kalian memancing.

Karena ikan tawes itu mulutnya kecil, jikalau kau menggunakan kail besar tetapi ternyata lebih banyak didominasi ikan tawes di sungai tersebut kecil, tentu saja akan sulit strike ikan tawes.

Kail Pancing Ikan Tawes

  • Ukuran 0,3 untuk ikan kecil (umpan lumut) 
  • Ukuran 1-2 untuk ikan sedang (umpan cacing, pelet) 
  • Ukuran 3-4 untuk ikan besar 


Bayangkan jikalau kau berangkat dari rumah dengan penuh semangat untuk mancing ikan tawes Panduan Lengkap Cara Memancing Ikan Tawes

Sekian dulu panduan dari kami mengenai panduan memancing ikan tawes. Cara ini cocok dipakai baik di sungai, waduk maupun di kolam.

Tapi juga perlu diingat bahwa memancing ikan tidak selalu bergantung pada umpan dan alat yang digunakan. Tapi juga perlu keberuntungan dan rizky dari yang diatas, makanya biasakan dahulu untuk membaca doa sebelum memancing ikan.

Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu kau ihwal cara ampuh mancing ikan tawes yang benar. Selamat memancing dan semoga mendapat banyak tangkapan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Panduan Lengkap Cara Memancing Ikan Tawes"

Post a Comment

ADS